Ririn

Ririn
Cha'Roron

Jumat, 02 Maret 2012

KONSEP-KONSEP GEOGRAFI

KONSEP - KONSEP GEOGRAFI

1. Lokasi adalah konsep utama yang digunakan untuk mengetahui fenomena geosfer. konsep lokasi di bagi menjadi dua yaitu :
a. lokasi absolut adalah lokasi menurut letak lintang dan bujur bersifat tetap.
b. lokasi relatif adalah lokasi yang tergantung pengaruh daerah sekitarnya dan sifatnya berubah.
2. Jarak yaitu panjang antara dua tempat. Terdiri dari :
a. Jarak mutlak yaitu satuan panjang yang diukur dengan kilometer.
b. Jarak relatif yaitu jarak tempuh yang menggunakan satuan waktu.
3. Keterjangkauan adalah menyangkut ketercapaian untuk menjangkau suatu tempat, sarana apa yang digunakan dan sebagainya.
4. Pola adalah  berupa gambar atau fenomena geosfer seperti pola aliran sungai, pola pemukiman, lipatan, patahan dan lain-lain.
5. Morfologi adalah menunjukkan bentuk muka bumi sebagai hasil tenaga endogen dan eksogen yang membentuk dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan.
6. Aglomerasi adalah pengelompokkan fenomena disuatu kawasan dengan latar belakang adanya unsur-unsur yang lebih memberi dampak positif.
7. Nilai kegunaan adalah manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang.
8. Interaksi interdependensi adalah keterkaitan ruang antara satu dengan yang lain, misalnya interaksi antara desa dengan kota.
9. Diferensiasi Area adalah daerah-daerah yang terdapat di muka bumi berbeda satu sama lain. Dapat di cermati dari corak  yang dimiliki oleh suatu wilayah dengan wilayah lainnya.
10. Keterkaitan Keruangan adalah hubungan antara penyebaran suatu unsur dengan unsur yang lain pada suatu tempat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar